Asam Amino Dalam Tubuh Manusia

Yang termasuk dalam bagian asam amino yang lebih dikenal misalnya valine, leucine, isoleucine, methionine, glycocoll, histidine; lysine, tyrosine, cystine dan sebagainya.

Valine dan leucine, isoleucine, lysine, histidine dan lain-lain itu adalah perlu sekali untuk tubuh manusia. Asam amino yang lain bisa ditinggalkan, asal golongan yang pertama banyak dimakan.

Setiap zat telor terdiri dari asam-amino yang berlainan yang tiap-tiap macam mempunyai nilai biologi yang tersendiri.

Nilai biologi itu adalah daya zat telor yang asing untuk tubuh kita untuk menghasilkan bahan pembangunan untuk zat telor tubuh kita.

Belakangan telah ternyata pula bahwa tubuh bisa membikin asam amino yang tertentu, tapi juga ternyata, bahwa asam amino yang lain seperti tyrosine, cystine, tryptophan dan phenylanine harus dihantarkan ketubuh kita bersama dengan makanan.

Dahulu dikira, bahwa 1/3 dari zat telor di dalam makanan kita harus berasal dari hewan. Pendirian yang seperti ini telah ditinggalkan kembali, Berikut menyembuhkan diabetes tipe 1 dengan metode terapi, Zat telor tadi harus diambil dari berbagai-bagai bahan.

Dahulu kita sangka, bahwa hanya sel-sel tumbuhan saja yang dapat melangsungkan sintesis (synthese, pembangunan) oleh sebab tumbuh-tumbuhan saja yang dapat mempergunakan tenaga matahari.

Sekarang telah diketahui, bahwa juga sel-sel tumbuhan dapat merombak dan sel-sel hewan bisa membangun, tetapi tenaga matahari itu tidak dapat langsung dipergunakan oleh sel-sel hewan.

Dari asam amino yang dihantarkan itu dibangunlah zat telornya oleh sel-sel hewan. Biasanya zat telor dibagi menurut asalnya, kelarutannya dan sebagainya.

Tinggalkan komentar